Sunday, November 12, 2006

Tape Nasi


Seri membuat tape
Keperluan tape nasi ini biasanya buat bikin kue mangkok kapas atau mangkok otomatis resepnya Lyliana.
Tapi kadang saya juga suka makan tape nasi ini buat es campur, soale lebih lembut banget teksturnya.
Kadang saya bikin juga pudding dari tape nasi ini.
Kalau buat bikin kue mangkok biasanya gak dikasih warna, tapi ini buat pudding ya saya kasih warna.
Gunakan beras yang pulen jadi bagus daripada yang pera', kalau disini saya biasa pake beras egypt atau bisa juga pakai poni rice.


Ingredients:
1 kg beras ( 4 cup nasi)
1 sdm pasta pandan
5 cup air
2 buah ragi

Directions:
kali ini berasnya dikaron aja biasa, dengan air dan pandan pasta, sampai airnya terserap lalu kukus sampai matang, dinginkan.

proses kemudian sama dengan cara bikin tape ketan, nasi didinginkan ditempat yang melebar, lalu beri ragi.

simpan dalam kotak atau wadah yang ada tutupnya dan tunggu selama 2 sampai 5 hari.

2 Comments:

At 6:29 PM, Anonymous Anonymous said...

saya dah coba bikin tape singkong dan tape nasi

tapi singkong hari ke 3 super bulukan dan separuh masih keras, separuh sudah lunak, tapi jadi ga layak makan karena bulukan itu

terus saya coba bikin tape nasi, hari ke 5 saya buka, baunya haruuum sekali, memang si jadinya terfermented, sayangnya juga bulukan

kenapa begitu yah?

 
At 7:46 AM, Anonymous Anonymous said...

g bakat kayaknya ...

 

Post a Comment

<< Home