Sunday, November 12, 2006

Tape ketan hitam


Seri membuat tape
Kalau tape ketan hitam, ada yang suka ketannya utuh, ada yang suka ketan hitamnya agak pecah2 jadi gak kesannya garing gitu dan keras.
Jangan takut benyek, karena ktan hitam ini jenis yang bandel, kelihatan benyek tapi kalau jadi tape keras lagi kok...
Caranya sih mirip dengen cara bikin tape ketan ijo tadi.

Ingredients:
1 kg beras ketan hitam direndam semalam
3 buah ragi




Directions:
kukus ketan hitam 10 menit lalu siramkan air sekitar 300 cc, kalau belum kelihatan mekar betul bisa ditambahkan sampai 500 cc, lalu kukus sampai matang, sesuai keinginan mau yang mekar agak meletus atau tetap bentuk butiran ketan hitam.

dinginkan ketan sampai betul2 dingin, ditempat yang dialasi plastik atau tempat plastik, lebarkan selebar mungkin.

haluskan ragi, sampai halus bener. Dengan menggunakan saringan kawat yang halus (lagi2 harus bebas minyak dan garam), tapiskan keatas ketan yang sudah dingin.
Aduk lagi supaya raginya rata, lalu masukkan dalam kotak biasa, gak perlu kotak kedap udara.
Biarkan ditempat panas tapi tidak kena matahari, biarkan 3 hari sampai 5 hari tergantung cuaca, kadang kalau lagi panas bisa 2 hari aja matang.
Boleh dibuka dihari ke 2 kalau sudah mulai banyak keringetnya, sebelum itu jangan dibuka bukan gak jadi tapi makin lama jadinya karena konsentrasi udara panas yang ada didalamnya keluar....

1 Comments:

At 1:35 PM, Blogger infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

 

Post a Comment

<< Home